Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan Fatal Fresh Graduate dalam Interview Kerja

Kesalahan fatal Fresh Graduate dalam Interview Kerja
Jobloker Cirebon – Kalau kamu baru saja lulus kuliah atau sekolah, dan masih fresh graduate, pastikan kamu selalu melakukan persiapan interview supaya tidak mnelakukan kesalahan-kesalahan fatal.

Masih ada beberapa fresh graduate yang melakukan kesalahan fatal ketika interview kerja, entah itu interview HRD ataupun intervievw User. Dan ini sangat perlu untuk diatasi, supaya kamu mendapat penilaian yang baik saat interview.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan fatal yang perlu dihindari, supaya kamu tidak
dinilai negatif oleh HRD atau User saat interview.

1. Etika Buruk & Tidak Profesional
Etika adalah hal yang paling penting dalam dunia kerja. Salah satunya adalah dengan datang tepat waktu dan berpakaian sopan.

Kalau kamu datang terlambat ke interview
atau berpakaian tidak sopan, itu artinya etikamu buruk dan tidak profesional.

HRD dan User bisa saja mnenilaimu kalau kamu tidak serius dan tidak niat mau bekerja. Ini adalah salah satu kesalahan fatal saat interview.

2. Tidak Paham Perusahaan yang Dilamar
Kalau kamu serius mau bekerja di suatu perusahaan, pastikan kamu memahami dengan benar seperti apa perusahaan tersebut. HRD atau User sering bertanya apa yang kamu ketahui tentang perusahaan mereka.

Kalau kamu tidak paham apapun tentang perusahaan yang kamu lamar, maka ini juga adalah salah satu kesalahan fatal saat interview, dan sangat mempengaruhi penilaianmu.

3. Tidak Paham Jobdesc di Posisi Pekerjaan
Kalau kamu sudah melamar di suatu posisi pekerjaan tertentu, pastikan kamu paham apa saja yang menjadi jobdesc di posisi itu. Jangan sampai ketika ditanya oleh HRD dan User saat interview, kamu malah tidak paham apapun. Ini adalah kesalahan fatal yang harus dihindari.

4. Tidak Mengenal Diri Sendiri
Saat interview, HRD dan User sering bertanya tentang dirimu. Seperti pertanyaan tentang, kelebihan dan kekurangan diri, rencana 3-5 tahun ke depan, dll.

Kalau kamu tidak bisa menjawab pertanyaan ini, itu artinya HRD dan User bisa menilaimu kalau kamu masih belum mengenal dirimu
sendiri, dan belum melakukan persiapan untuk karirmu sendiri. Ini adalah kesalahan fatal yang harus kamu hindari.

Nah itulah 4 Kesalahan fatal Fresh Graduate dalam Interview Kerja. Menurut kamu, apa saja kesalahan fatal lainnya saat interview HRD atau User?

Kalau kamu merasa terbantu atau suka dengan konten-konten saya, silahkan like dan share ke teman-teman yang lain ya.