Ditolak Kerja Tidak Khawatir Lagi, Begini Caranya!


Ketika kamu lulus dari universitas ataupun baru lulus dari SMA, perjalanan baru hidupmu akan segera dimulai. Buat yang lulus SMA sih masih punya tujuan lain yakni melanjutkan ke perguruan tinggi, ya yang mau kuliah sih, kalau yang gak ngelanjutin biasanya lebih memilih kerja atau nikah kalau yang cewek hehe.

Lalu bagaimana dengan yang lulus kuliah, tujuan satu satunya adalah bekerja untuk nyari duit tentunya. Setelah lulus kenyataan mungkin tak seindah yang kamu bayangin, cari kerja langsung diterima, bisa ngasilin uang. Ternyata dapat kerja tak semudah kamu mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan-perusahaan yang udah kamu incer.
Tuhan Tidak Pernah Menciptakan Sesuatu yang Sia-Sia - Anonim 
'Boro-boro' langsung mendapatkan panggilan kerja, surat lamaran kerjamu lolos seleksi administrasi saja udah harus bersyukur. Itulah gambaran bagaimana susahnya mencari kerja, persaingan kerjayang semakin keras, lowongan yang itu - itu aja kadang memaksa kamu buat ngirim puluhan bahkan ratusan lamaran kerja sebelum diterima.

Kalau udah pernah ditolak kerja, kamu jangan putus asa terus berjuang. Disini penulis akan memberikan sedikit tips biar kamu gak stres ketika ditolak kerja, seperti apa aja baca dibawah ini:

1. Atur Emosi

Melamar pekerjaan emang gak semudah melamar pacar kamu, kamu dipastikan bersaing dengan banyak orang ketika wawancara atau tes kerja. Dan ketika kamu gak lolos kamu gak boleh emosi, gak boleh pula menyalahkan orang lain dengan berbagai alasan, mungkin saja kamu kurang beruntung.

Emosi ketika ditolak kerja hanya akan menghabiskan energimu, membuatmu semakin terlihat putus asa. Berdoa, kalau yang muslim bisa sholat, yang nasrani bisa ke gereja minta pencerahan dan ngademin pikiran.

2. Lihat Kesempatan Lain

Ditolak kerja di perusahaan A jangan putus asa, masih ada perusahaan B yang membuka lowongan segeralah bangkit dan kirimkan surat lamaran kerjamu, siapa tahu hokimu ada di perusahaan B. Ditolak kerja bukan akhir segalanya masih banyak kesempatan ditempat lain yang bisa kamu coba.

3. Minta Feedback Dari HR yang Menolak

Apakah kamu sudah pernah menjalani wawancara kerja, menegangkan bukan. Mungkin beberapa kali kamu tidak langsung diterima kamu bisa mempelajari dari pesaingmu bagaimana menjawab wawancara kerja yang baik, namun jika cara tersebut masih belum ampuh. Kamu bisa bertanya kepada HR yagn mengujimu kurang apa dirimu dan apa yang bisa dikembangkan pada dirimu, tanyakan dengan sopan, Bapak/Ibu HR pasti dengan senang hati menjawabnya.

4. Belajar dari Penolakan Kerja

Seperti yang saya utarakan di poin ketiga, belajarlah tentang kesalahan yang pernah kamu lakukan dari tes tes kerja yang udah pernah dijalani, kalau udah pernah wawancara kerja bisa melihat kekurangan apa pada dirimu, tak ada pelajaran yang lebih baik selain pengalaman yang pernah kamu jalani sendiri.

5. Refreshing, Minta Masukan dan Semangat dari Orang Terdekat

Udah puluhan kali ditolak ketika melamar kerja secara beruntun. Hmmm ada baiknya kamu istirahat sejenak dan melakukan perjalanan singkat, pergi ke pantai atau naik gunung untuk menyegarkan pikiran.

Jangan pergi sendiri tapi ajak beberapa teman dekat atau kekasihmu mungkin. Pergi liburan dengan orang - orang terdekat biasanya bisa sedikit meringankan beban yang sudah kamu jalani. dan tentunya para teman dekat akan memberikan masukan - masukan yang bisa membakar semangatmu kembali untuk mendapatkan kerja impian.
.....Selalu Ada Jalan Bagi Mereka yang Berusaha - Anonim
Itu tadi 5 poin yang bisa diterapkan ketika kamu ditolak kerja. Ingatlah untuk selalu semangat karena jika kamu memang berusaha maksimal banyak banget kok lowongan kerja diluar sana, gak usah jauh-jauh deh. Di situs utama maukerja.id terdapat ratusan lowongan kerja yang siap menerimamu kapan saja, so coba saja dan tetap semangat ya gaees. Terima kasih sudah membaca!

Sumber: https://www.linkedin.com/pulse/ditolak-kerja-tidak-khawatir-lagi-begini-caranya-nur-halimah
Yuk gabung group kami di aplikasi telegram : https://t.me/joblokernet