Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Menarik

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Menarik
Jobloker Cirebon – Ketika melamar kerja, masih ada beberapa perusahaan yang meminta kandidat untuk mengirim surat lamaran kerja (cover letter) sebagai salah satu persyaratan.

Tapi, membuat surat lamaran kerja tidak bisa asal-asalan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan dan dilakukan, supaya surat lamaran kerjamu bisa dinilai etis dan profesional oleh HRD.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat surat lamaran kerjamu menjadi etis dan profesional, tapi tetap to the point. 

1. Kalimat Atau Salam Pembuka
Di bagian awal, bukalah kalimat dengan salam pembuka seperti "Yang Terhormat atau Yth. Bapak/lbu", sertakan juga nama perusahaan/ PTnya.
Kemudian, perkenalkan diri kamu secara singkat, dan sertoakan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Contoh:
Yth. Bapak/lbu HRD,

Lewat email ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Content Editor di PT., Maju Mundur Kena seperti yang diiklankan di website WXYZ.

Saat ini, saya sedang bekerja di XXX Media sebagai Content Writer untuk dua tahun terakhir.

2. Jelaskan Pengalaman Dan Skill Yang Relevan
Kalau kamu punya pengalaman dan skill sebelumnya yang relevan, kamu perlu untuk menjelaskannya secara singkat, jelaskan jobdescmu dan juga skill yang kamu kuasai yang bisa menjadi kontribusimu ke perusahaan.

Contoh:
Selama bekerja di bidang Content Writing, saya banyak terlibat dalam penulisan artikel dari berbagai topik, khususnya tren lifestyle.

Sepanjang karier saya sebagai penulis, saya pun pernah:
  • Membuat tulisan yang mendatangkan 25.000 organic pageviews dalam waktu 6 bulan.
  • Mengadakan training penulisan konten di kantor sebelumnya.
  • Bekerja sebagai penulis freelance untuk beberapa media ternama, seperti ABC, AAA, dan BBB.
  • Sebagai tambahan, saya juga pernah mengikuti SEOCON dan SEMWebinar 2020 sebagai langkah untuk memperdalam pemahaman mengenai strategi SEO dan SEM.

3. Kalimat Penutup & Sertakan Contact Yang Aktif
Di kalimat penutup, sebutkan dokumen lamaran apa saja yang kamu lampirkan dan sebutkan juga HRD bisa menghubungi kamu melalui apa kalau mereka membutuhkan informasi lebih lanjut.

Contoh:
Saya yakin pengalaman dan keahlian yang saya miliki bisa membawa manfaat untuk perusahaan Anda.
Di bawah ini, saya lampirkan salinan CV dan portofolio yang akan menjelaskan latar belakang dan keterampilan teknis saya secara lebih lanjut.
Apabila Bapak/Ibu memiliki pertanyaan, mohon hubungi saya melalui alamat email ini.
Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Saya berharap dapat berbicara dengan Anda lebih banyak tentang kesempatan ini.

Hormat Saya,

4. Isi Subjek Email Sesuai Dengan Ketentuan 
Terakhir tapi sering terlupakan, isi subjek email sesuai dengan ketentuan yang ada di info lowongan kerjanya. Kalau tidak ada ketentuannya, bisa dibuat seperti: Nama lengkap - Nama Posisi yang Dilamar.

Contoh:
Subject: Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Content Editor

Kalau menurut kamu, apa saja informasi penting yang harus dijelaskan di surat lamaran kerja (Cover Letter)?