Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jenis Format CV Lamaran Kerja

Jobloker Cirebon – CV Atau Curriculum Vitae adalah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup, umumnya CV menjabarkan data dan informasi yang diperlukan untuk melamar pekerjaan. Pada CV biasanya terdapat informasi seperti pendidikan, keahlian, biodata, dan riwayat pekerjaan lainnya. CV adalah bagian penting dalam syarat mendapatkan pekerjaan.

Agar calon perusahaan yang ingin dilamar tertarik dan melirik CV Anda, diperlukan upaya untuk membuat CV menjadi semenarik mungkin agar mendapat penilaian yang tinggi dari rekrutmen. Salah satu cara agar CV menarik adalah dengan membuatnya dalam bahasa Inggris karena hal ini mengindikasikan Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Terdapat 3 format daftar riwayat hidup yang paling umum digunakan oleh para jobseekers, yaitu CV Kronologi Terbalik, CV Kombinasi, dan CV Fungsional.

Setiap tipe format CV lamaran kerja pasti mempunyai keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Kamu harus bisa melihat mana format yang paling sesuai dengan pengalaman yang kamu miliki.

1. Format CV Kronologi Terbalik
Format CV yang paling umum dan sering digunakan oleh jobseekers.

Contoh Format CV Kronologi Terbalik


2. Format CV Fungsional
Format CV yang menonjolkan skill dan kualifikasi yang dimiliki. Cocok untuk para freelancer atau yang pernah punya sejarah gap lama bekerja dan ingin kembali bekerja.
Contoh Format CV Fungsional


3. Format CV Kombinasi
Format CV paling lengkap yang menggabungkan pengalaman kerja dan skill yang paling relevan.
Contoh Format CV Kombinasi

Semoga bermanfaat.