Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bikin Cover Letter (Bonus Template)


Siapa yang pernah searching seperti ini di google? 
Saya yakin banyak dari freshgraduate dan jobseeker yang searching hal tersebut di Google. Banyak dari kandidat ketika melamar pekerjaan melewatkan hal penting ini, yaitu cover letter

Padahal cover letter berperan penting dalam melamar pekerjaan. Salah satu fungsi cover letter adalah untuk memperkenalkan diri kamu. Selain itu, bisa juga untuk menunjukkan minat pada perusahaan atau lowongan tertentu.

Nah ini adalah tips buat kamu yang bingung bagaimana cara membuat cover letter.

1. Informasi kontak
Sertakan informasi kontak lengkap kamu. Alamat email harus menciptakan kesan profesional. Jangan gunakan alamat email seperti cantikmanis@email.com.

2. Salam/Sapa
Bersikaplah formal dan gunakan 'Yth ...', bukan 'Hai, atau halo'. Dengan begitu, kamu menunjukkan rasa hormat, dan cover lettermu akan dibaca oleh rekruter

3. Bagian Pembuka
Paragraf pembuka merupakan paragraf penting. Paragraf ini adalah kesempatan untuk menarik perhatian rekruter dan membuat mereka ingin membaca lebih lanjut. Umumnya, di paragraf pembuka kamu harus membahas tiga hal utama. Ini termasuk bagaimana kamu mengetahui tentang posisi, pengalaman, dan apa yang dapat kamu bawa ke perusahaan.

4. Bagian Tengah
Di paragraf inilah saatnya untuk meyakinkan mereka bahwa kamu adalah orang yang paling cocok untuk peran dan perusahaan tersebut. Bagian inti cover letter harus menyoroti mengapa kamu lebih cocok daripada pelamar lain, dan mengapa perusahaan itu tepat buat kamu.

Di bawah ini saya sisipkan template cover letter dari Stanford Universiry, saya harap template cover letter ini berguna untuk teman-teman jobseeker.



Nah untuk memperbesar kesempatanmu diterima kerja di loker yang sedang dilamar. Pastikan CV-mu sudah ATS Friendly, dan kualifikasimu sudah tertulis lengkap di CV, coba cek disini  https://epca.in/carikerja

Menurut kamu gimana?
Jika kamu merasa postingan ini bermanfaat, 
jangan lupa sebarkan ke teman-temanmu ya.