Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah-Langkah Membuat Struktur CV Yang Baik (Bonus Template CV)



Banyak sekali DM dan komentar yang masuk menanyakan kepada saya, bagaimana struktur CV yang baik. Maka dari itu, akan saya bahas pada postingan saya kali ini. Disclaimer, postingan ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya sebagai rekruter

Yang harus jobseeker dan freshgraduate tau, rata-rata rekruter mendapatkan puluhan hingga ratusan file lamaran kerja per lowongan. Oleh karena itu rekruter tidak punya waktu untuk menghabiskan waktu berjam-jam meninjau CV kamu. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah sederhana ini saat membuat CV:

1. Penampilan CV
Jaga agar font tetap bersih (Calibri atau Arial) dan mudah dibaca (ukuran 11 untuk poin utama dan ukuran 14 untuk judul). Gunakan teks hitam dengan latar belakang putih. Jangan menyertakan grafik atau clip art (kecuali melamar pekerjaan desain grafis atau serupa). 

2. Data Pribadi
Ini harus ada di bagian atas CV dan menyertakan Nama, Alamat, Alamat Email, Nomor Telepon, dan profil LinkedIn (jika ada). Tidak perlu menyertakan usia, tanggal lahir, dan status perkawinan.

3. Profile summary
Ini harus berupa beberapa kalimat langsung di bawah detail pribadi yang memberi tahu rekruter tentang pengalaman utama kamu. Kamu bisa menganggap profile summary ini seperti bio instagram.

4. Pengalaman kerja
Mulai dengan pekerjaan terbaru terlebih dahulu, lalu tambahkan pekerjaan sebelumnya dalam urutan kronologis terbalik. Jangan lupa untuk membuat daftar tanggung jawab setiap posisi yang menjadi pengalamanmu, bisa menggunakan poin-poin agar mudah dibaca sekilas.

5. Pendidikan
Seperti pengalaman kerja, mulai dengan pendidikan terbaru terlebih dahulu. Sertakan nama institusi, dan apa yang kamu pelajari. Tambahkan semua pelatihan dan kualifikasi profesional yang relevan ke bagian ini.

Jadi, alih-alih berfokus pada desain, lebih baik fokuskan pada isi. Baca baik2 syarat lowongan kerja yg ingin dilamar. Skill apa saja yg diperlukan. Cantumkan skill, pelatihan, pengalaman yg relevan dengan syarat tersebut.

Di bawah ini saya sisipkan Template CV dari Harvard University, saya harap template CV ini berguna untuk teman-teman jobseeker.


Jika kamu merasa postingan ini bermanfaat, jangan lupa sebarkan ke teman-temanmu ya.
Semoga Sukses.

Sumber:
https://www.linkedin.com/posts/nur-halimah-maukerjaid_template-cv-dan-action-verb-ugcPost-6910886097145270272-Bi6T